KPK Dikepung kelompok Koruptif

KPK Dikepung Kelompok Koruptif



VHRmedia,Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi telah dikepung karena masih dilihat sebagai musuh yang mengganggu kepentingan kelompok koruptif. Hal ini terjadi karena penindakan KPK menyeret sejumlah koruptor di wilayah politik, bisnis, dan penegak hukum.

Demikian pernyataan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Indonesia Patra M Zen dalam konfrensi pers “KPK Harus Terus Berantas Korupsi” di kantor KPK, Jakarta, Rabu (15/7). “Dengan adanya KPK semua orang bisa diadili, mulai dari kalangan Kabupaten sampai pihak eksekutif sekalipun. Karena setidaknya sudah ada 16 anggota DPR yang diproses KPK dan bukan tidak mungkin berbekal kasus yang ada,” katanya.
 
Karena itu, banyak pihak merasa sangat dirugikan oleh gebrakan KPK, sehingga upaya delegitimasi dan pembusukan institusi ini terus-menerus terkonsolidasi dan mencuat ke ranah publik. “Ada upaya sistematis melemahkan KPK. Pasalnya, KPK merupakan lembaga yang sangat diharapkan oleh masyarakat dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, KPK merupakan instrumen yang dapat mendorong reformasi birokrasi.”

Upaya mengepung KPK terlihat pada isu-isu yang akhir-akhir ini menyerang KPK. Salah satunya isu agar KPK fokus pada pencegahan saja. "Ini hal yang sangat berbahaya, karena ini juga sudah terjadi pada KPKN (Komisi Pemberantas Kekayaan Negara)," kata Patra M Zen.

Sekretaris Jenderal Transparency Internasional Indonesia Teten Masduki mengatakan, meski selalu dipojokkan, KPK harus tetap kuat dalam memberantas korupsi. “Pemberantasan korupsi harus terus berjalan. Kerjakan tugas KPK sesuai aturan yang berlaku.”

Tugas KPK berikutnya harus memprioritaskan membongkar kasus korupsi di lembaga penegak hukum. “Kami juga meminta Presiden untuk membangun sinergi kelembagaan KPK agar masyarakat tidak ragu terhadap kinerja KPK dalam memberantas korupsi. Kami berharap masyarakat mendukung pemberantasan korupsi yang sudah dijalankan KPK,”kata Teten MAsduki. (E4)



 

0 comments:

Leave a Comment

Back to Home Back to Top women see like me. Theme ligneous by pure-essence.net. Bloggerized by Chica Blogger.